Rabu, 07 Januari 2009

Toyota Prius, Mobil Paling Hemaaat

Toyota Prius, Mobil Paling Hemat

Dengan konsumsi bahan bakar lebih kurang 21.3 km/liter, Toyota Prius model tahun 2009 dinobatkan sebagai mobil paling hemat bahan bakar oleh Environment Protection Agency (EPA) Amerika Serikat.

Dengan perkiraan konsumsi bahan bakar di jalan bebas hambatan sekitar 20 km/liter, mobil hybrid seperti Prius memang lebih hemat di jalan perkotaan sebab dalam kecepatan rendah (di bawah 30 km/jam), mobil digerakkan dengan motor listrik, bukan mesin bakar konvensional.

Sementara itu, mobil model 2009 Lamborghini Murcielago merupakan mobil paling boros dengan konsumsi 3,5 km/liter di kota dan 6,2 km/liter di jalan bebas hambatan.


Pengujian ini dilakukan tak lepas dari program pemerintah yang akan memberikan potongan pajak bagi pembelian mobil-mobil hybrid dan diesel sebesar USD 3.400 dan bahan bakar alternatif seperti gas sebesar USD 4.000. Saat ini mobil penumpang yang sudah menggunakan bahan bakar compressed natural gas (CNG) adalah Honda Civic. Mobil ini membutuhkan dana sebesar USD 1.366 setiap tahun untuk bahan bakar dengan asumsi penggunaan sejauh 30.000 km.


EPA menegaskan hasil ini akan dijadikan patokan bagi konsumen yang akan membeli mobil keluaran terbaru. EPA merupakan lembaga milik pemerintah AS yang salah satu tugasnya mengadakan pengujian konsumsi bahan bakar terhadap mobil-mobil baru yang akan dipasarkan di AS. (edi rizqi)

Tidak ada komentar: