Senin, 12 Januari 2009

Honda Supra X125 PGM-FI VS Suzuki New Shogun 125FI

Saingan Honda Supra X 125 PGM-Fi
Akhirnya Honda dengan Supra X125 PGM-FI tidak sendirian dipasar bebek injeksi 125 cc, karena Suzuki telah merilis New Shogun 125 FI. mari kita bandingkan kedua motor ini untuk mencari tahu mana yang terhandal.

Desain

Desain Shogun mirip spt sebelumnya, tampak ramping dengan lekukan-lekukan tajam sedang Supra terlihat lebih padat berisi. kedua motor ini memiliki lampu sein dicover dadanya, namun milik supra lebih terlihat elegan dan berkarakter karena tepat diatas lampu sein juga terdapat lampu senja yang tampil seperti alis.

Fitur

Kedua motor ini masih menggunakan jarum sebagai penunjuk kecepatan lari motor. untuk indikator sistem injeksinya Supra menggunakan indikator dengan gambar mesin, sedang Shogun menggunakan lambang FI. untuk sistem pengamanan keduanya sudah menggunakan shutter key bermagnet, tetapi Shogun memiliki nilai tambah karena selain untuk kunci kontak dan kunci setang terdapat tambahan untuk membuka jok langsung dari kunci kontak. dan satu lagi fitur safety dari Shogun adalah meskipun mesin sudah on motor tidak langsung hidup jika handle rem depan tidak ditarik ketika menekan electric starter.

Handling

Supra X125 PGM-FI agak sulit diajak rebah ala pembalap motoGP, karena suspensi belakang masih terlalu keras, sedang untuk Shogun mungkin karena ikutan riset motor untuk dunia balap nasional membuat Suzuki sedikit lebih paham urusan handling motor. saat di tes suspensi belakang New Shogun 125 FI lebih sip. tetapi jika untuk kegiatan sehari-hari aja sih kedua motor ini sangat bisa dihandalkan bermanuver di kepadatan lalu litas.

Performa

Ketika dites di jalan datar, Supra yang menggunakan piston berdiameter 52,4 mm dan panjang langkah 57,9 mm membutuhkan waktu 6,7 detik untuk mencapai kecepatan 0-60 km/jam, sedang untuk Shogun yang menggunakan diameter piston dan panjang langkah yang sama ternyata bisa lebih cepat yakni 6,0 detik. Sedang untuk pengetesan dengan jarak tempuh 100 meter, keduanya mencatat waktu yang ngga jauh beda yakni 8,3 detik, hal ini berarti Supra maupun Shogun sama-sama tangguh bermain diputaran mesin atas.

Konsumsi BBM

Untuk 1 liter bensin, dengan kecepatan stabil 60 km/jam Supra mampu berlari sejauh 76 km/liter sedang untuk Shogun mampu berlari sedikit lebih jauh yaitu 76,5 km/liter.

Harga

Untuk Supra X125 PGM-FI dibandrol Rp. 15.900.000. sedang New Shogun 125 FI dibandrol Rp. 15.355.000. on the road.

Kesimpulan

Kedua motor ini sama-sama mengutamakan irit dalam hal konsumsi BBM, dengan harga di angka Rp.15 jutaan rasanya cukup terbayar. soal performa kedua motor ini beda tipis, sekarang tinggal kembali ke selera konsumen, mau cari yang nuansa gesit dan agresif Shogun dapat menjadi pilihan, sedang yang ingin tampil elegan dan nyantai, Supra cocok menjadi pilihan. (edi rizqi)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mas, itu bensinya nya premium apa pertamax?saya bingung apa pgm fi harus pake pertamax?

Semangat Belajar mengatakan...

di harian kompas, perfoma masih menonjol honda.
yg bener yg mana nih??